Andania Suri
18 Maret 1997 - Sekarang

Menjuarai Gadis Sampul, Andania Suri terjun ke dunia hiburan. Namanya populer lewat layar lebar.

Andania Suri atau yang dipanggil Andania merupakan seorang aktris yang terkenal lewat perannya dalam film Rumah di Seribu Ombak.

Wanita kelahiran 18 Maret 1997 di Jakarta ini adalah anak dari pasangan Ucok Asa dan Ani Amandra. Andania begitu sapaannya adalah anak bungsu dari tiga bersaudara. Ia memiliki seorang kakak perempuan yang bernama Aninda dan seorang kakak laki-laki yang bernama Aryandra.

Memulai kariernya di dunia hiburan dengan menjadi Gadis Sampul, Andania berhasil menyabet gelar Gadis Sampul 2010 tersebut. Gelar itu sukses mengantarkan namanya sebagai seorang artis dan peluang untuk berkarier di dunia hiburan semakin terbuka lebar.

Pertama kali dikenal publik lewat perannya di film garapan Erwin Arnada yang berjudul Rumah di Seribu Ombak di tahun 2012. Dalam film itu, Andania mempunyai lawan main yang sudah terkenal, yakni Lukman Sardi.

Ia juga pernah berperan dalam beberapa judul film lainnya, seperti Hijabers in Love, Air Mata Surga, dan Beauty and the Best. Dalam film Beauty and the Best, Andania berperan sebagai seorang model dan ia berperan dengan lawan mainnya bintang muda, Brandon Salim, Maxime Bouttier, dan Chelsea Shania.

Tak hanya berkarier di dunia film, Andania juga sempat menjadi model video klip untuk beberapa lagu dari penyanyi-penyanyi di Indonesia, di antaranya adalah Vidi Aldiano di lagunya Gadis Genit, SM*SH di lagunya Ada Cinta, Dmasiv di lagunya Natural, Gigi di lagunya Mutiara Yang Hilang, dan Shortcut di lagunya Tak Pernah Sempurna.

Nama Andania Suri tidak hanya terkenal lewat kariernya, tetapi juga karena kisah percintaannya. Mantan pacar bintang stand up comedy, Kemal Palevi ini pernah mendapat cacian warganet lantaran kedekatan dirinya dengan mantan personil grup vokal SM*SH, Ilham. Namun, Andania tak ambil hati dengan cibiran itu. (SFR/AA/DN) (Photo: Instagram/andsur18)


KELUARGA
Orang tua : Ucok Asa dan Ani Amandra
Saudara (kakak): Aninda, Aryandra

KARIER
Filmografi
Rumah di Seribu Ombak (2012)
Hijabers in Love (2014)
Air Mata Surga (2015)
Beauty and the Best (2016)
Silariang : Cinta Yang (Tak) Direstui (2018)
Guru Ngaji The Movie (2018)

Model Video Klip
Vidi Aldiano - Gadis Genit (2011)
SM*SH - Ada Cinta (2011)
D'Masiv - Natural (2012)
Gigi - Mutiara Yang Hilang (2012)
Shortcut - Tak Pernah Sempurna OST "Catatan Si Boy" (2012)